Senin, 12 Januari 2009


Kabar mundurnya Kawasaki dari MotoGP disebut Dorna sama sekali bukan perkara besar. Meski begitu mereka ternyata mulai memikirkan rencana pemangkasan biaya seperti dilakukan F1.



MotoGP seperti banyak olahraga otomotif lainnya juga terimbas krisis keuangan global. Meski belum mengeluarkan pengumuman resmi, Kawasaki santer diberitakan akan menjadi korban pertama yang terpaksa mundur dari rajanya balapan motor tersebut.

Jika mundurnya Honda di ajang F1 kemudian berbuntut dikeluarkannya aturan soal pemangkasan biaya yang harus ditaati seluruh tim, rencana serupa separtinya juga akan diterapkan di MotoGP. Upaya tersebut diharapkan akan bisa menghindarkan adanya tim lain yang menarik diri.

"MotoGP harus mulai memangkas biaya. Saya sudah punya banyak ide, tapi yang bisa saya lakukan hanyalah membuat proposal. Semua kembali pada konstruktor (pabrikan) untuk membuat sebuah keputusan dan menemukan cara untuk tetap membalap dengan pengeluaran yang lebih sedikit," ujar bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, seperti diberitakan Autosport.

Ezpeleta tak main-main dengan rencananya itu karena dia sudah memiliki beberapa ide bagaimana nantinya penghematan akan dilakukan. Tak berbeda jauh seperti di balapan jet darat, pengiritan dilakukan dengan membatasi jumlah motor yang dimiliki sebuah tim hingga pembatasan jumlah latihan akhir pekan.

"Misalnya setiap tim hanya memiliki tiga motor, tapi menurut saya jumlahnya harus dikurangi lagi. Saya akan menggunakan rem baja, dan bukan lagi karbon."

"Jika memang berguna saya akan meniadakan sesi latihan Jumat. Sementara motor milik tim satelit harus kompetitif paling tidak selama dua musim, tidak seperti sekarang dimana setiap akhir tahun mereka menghancurkannya untuk kemudian membangun lagi dari awal," pungkas Ezpeleta.
Read More…

0 komentar:

motogp calendar 2008

motogp calendar 2008

motogp rider 2008

motogp rider 2008

The big three motogp 2008

The big three motogp 2008

Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Free Ebooks. Powered by Blogger